(bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal (perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Perangkat masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal:
(a) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atauaudio;
(b) masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta
(c) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis perangkat masukan utama antara lain adalah papan ketik, perangkat penunjuk, pemindai, perangkat masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.).
Perangkat Pengetikan
1.Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless. Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key
2.ATM (Automated Teller Machine)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgou3CN6mePZkc1clAchiwROtJOfYG5qADchp_fg-G5nlTeWF1OTPLORwqKIxCtwnc-WBPQM6KCMUnIcvl-DCbNCTdi0Oz2gtgPCcbioyLYIoYk67ZyJLrC_TGkKcehXZHUT-g87ByAIqDQ/s320/ATM.jpg)
ATM bekerja sebagai perangkat I/O sekaligus. Sebagai perangkat masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number), angka uang, dan hal-hal lain yang tersedia pada menu. Adapun sebagai perangkat keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah maupun kode dang angka yang diketikkan pada perangkat masukan.
3.Point of Sale (POS)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAbaLGMf3tTbiXpQqV5z3daayNd5cODVkXWv91DJOuPL7u1a6riY-7-fD6oWRiGyLcOhsFoy2GUOi82oeRKCrY0uMj-5B2mv9fp_8uJLkcCCNumbXTOgqQOP6xcni5lJhMr6bfqwweQJy4/s320/Point.jpg)
Perangkat penunjuk
(bahasa Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan (lebih spesifiknya, perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI) memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan tombol pada tetikus tersebut. Gerakan perangkat penunjuk akan diteruskan ke layar dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual lain. Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu permukaan. Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball), sedangkan contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis (graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.
1.Mouse
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4TbF8wspnuJQ5Ti8abiY4vv0guTzDtFUpbPsqOV91Qfq1SdVj7oiQ5lqTl6uoWHYGTUglpU9_0FA6ReD0fkrpI9tSjDAIyJmsCl3SjsL37nsnKBzO6qB8de3ss8CjXp-e7F_By4_5VeXD/s320/Mouse.jpg)
2.Trackball
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEid_B8eC78YYjJr5J8WUb0KEqfRVwR1sDMBFKOD1yk_OIAfGecZxfLQLkqX4Y8lwlCdRufkaPSne4gjg0y2L5zQuHbrgl0WGFqgE3XCnW_mapCPSKlTC5kTLV-0HxVCLqqWwofLfAvLLvcS/s1600/trackball.png)
3.Pointing Stick
Sebuah tongkat penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', dan 'B' kunci. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh pengguna. Yang sesuai "mouse" tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah spasi . Hal ini juga ditemukan pada tikus dan beberapa keyboard desktop.
4.Touchpad
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ98aOZeTHKCTJWB9VWHX0blw9ZXDUxfPHXq43V1kpHPgdpzNgMJ0F3I1S3OgfU3YfdMUzOJdxMdZefnbd00FhujcBaCobRKjyTd5gvNpaaJ3u7gmO-2U3zIUsKtXkTGN5c-TL9_mxEKh4/s1600/touchpad.jpg)
5.Touch Screen
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidrrPudL6Ecv2E83By2UT_smfuLBFcw-kLnRniTq38qxWw4bGX55gEeF5y_dzNPRHCYHinarq8TtsBW_iUXmKsQZ16BiH3dwb8MItAvGZ_SSQ3ynBbjKM0vcMJ7eDMoTLdfJwm0j-k-OP8/s1600/touchscreen.jpg)
6.Joystick
Tuas kontrol atau tongkat ria atau Tuas Kendali (bahasa Inggris: joystick) adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel).
wagalasehhh.....mantab gan
ReplyDeleteSolder uap